Sabtu, 25 Oktober 2014

Profil LDK Syahid

Apa Itu LDK Syahid
     LDK Syahid adalah singkatan dari Lembaga Dakwah Kampus Syahid. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini didirikan pada hari Selasa, 10 Muharram tahun 1417 H bertepatan dengan 28 Mei 1996 M di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada awalnya 20 orang mahasiswa yang berasal dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang terdiri dari lima fakultas dilantik sebagai pengurus LDK pertama pada periode 1996-1997. Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Senat Mahasiswa Institut (SMI), Thobib El Hasyr. Proses ini sekaligus menandai lahirnya LDK Syahid di lingkungan kampus IAIN yang kini bertransformasi menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 
     Proses yang terlihat sederhana namun memiliki sejuta kenangan dan kesan yang mendalam. Muhammad Ali, Ketua SMI yang menjabat pada saat itu merupakan salah seorang yang memberikan jalan berdirinya LDK Syahid. Langkah itu ia lakukan ketika dalam forum Majelis Perwakilan Mahasiswa Institut IMPMI) di kampus peradaban pada waktu itu. Usaha demi usaha ia lakukan demi membuat LDK berada pada garda terdepan dan menjadi UKM yang kokoh dengan barisan yang berlandaskan ukuhwah islamiyah. Usaha tentu tidak akan menjadi suatu hal yang bernilai keberkahan tanpa disertai doa di dalamnya. 
     Upaya untuk mensolidkan LDK ia awali dengan mengajak seorang mahasiswa IAIN, Mishbah yang berasal dari Fakultas Ushuluddin yang pada saat itu aktif di organisasi ekstra kampus Fikratussalam. Organisasi tersebut juga bergerak di bdiang dakwah. Kemudian dibentuklah tim kecil yang bertugas mempersiapkan proses berdirinya LDK Syahid baik secara konstitusi maupun teknis. Tim ini dinaungi oleh tiga orang pemuda, Deka Kurniawan (Ushuluddin/Aqidah Filsafat/1993), Muhammad Mustofa (Syariah/MU/1994), dan Rinaldi Syafiq (Tarbiyah/Bahasa Arab/1994). Mereka terbentuk dari hasil musyawarah yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari tiap fakultas. 



VISI 
Terciptanya insan-insan dakwah yang memiliki kekokohan spiritualitas, intelektualitas, dan solidaritas,  dengan etos profesionalisme menuju kampus yang Islami dalam rangka mewujudkan khairu ummah

MISI 
  1. Tarbiyah Madal Hayahyang berarti pendidikan sepanjang hidup.
  2.  Amal Salih yang berarti perbuatan yang baik.
  3. Amar Ma'ruf Nahi Munkar yang berarti memerintahkan yang baik dan mencegah yang munkar. 
  4. Khidmatul Ummah yang berarti pengabdian kepada umat. 
  5. Wihdatul Ummah dan Ukhuwah Islamiyah yang berarti persatuan umat dan persaudaraan Islam. 
Apa  Tujuan LDK Syahid 
     LDK Syahid berujuan untuk menghimpun, membina dan mengarahkan seluruh anggotanya pada kekokohan spiritual, intelektualitas yang diaplikasikan dalam realitas amal salih, dan amar ma'ruf nahi munkar serta didukung oleh sikap profesionalitas menuju terciptanya kampus yang Islami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar